Internet Sehat Bikin Hebat

on 28 Oktober 2010
Siapa yang tidak kenal internet di jaman sekarang? Internet jaman sekarang bagaikan makanan. menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari, bukan hanya menjadi suatu kewajiban. Bahkan kita dapat menciptakan komunitas Blog di  internet..

Tapi tahukah anda, bahwa banyak diantara kita yang tidak pernah menggunakan internet secara bijak bahkan menjadi korban dari penggunaan internet. Ya diantara kita bukan menjadi raja atas komsumsi internet tapi menjadi budak dari sebuah addicted dari komsumsi nge-net.

Ya, secara tanpa sadar, kita telah memperbudak diri pada "thagut" baru bernama internet.
Maka, dari itu hendaknya kita semua perlu menggunakan langkah2 yang biasanya dikenal dengan istilah internet sehat.

Langkah - langkah itu antara lain :

1. Sebelum memulai untuk bersurfing di internet (di rumah atau di warnet atau di kantor), ingatlah apa-apa yang hendak dikerjakan di internet. Tentukan berapa jam anda ingin main, dan situs mana yang harus anda buka. Ingat, internet itu adalah candu bagaikan rokok. anda akan terbengong-bengong di depan layar PC karena anda menyukai keindahan internet.

2. Jangan pernah membuka situs-situs yang aneh-aneh. Selain baik utk kesehatan fisik, mental,rohani juga tidak membahayakan komputer anda (jika main di rumah), karena biasanya situs yang aneh-aneh mengandung banyak virus berbahaya.

3. Usahakan menginstall software yang mampu memfilter situs-situs aneh (direkomendasikan utk para orang tua yang komputernya dipakai oeh si buah hati)

4. Jangan mudah percaya pada orang-orang di dunia maya(tidak percaya bukan berarti curiga tapi waspada). Alangkah baiknya jika data2 pribadi anda tidak pernah ditayangkan di dunia maya.
Mungkin itu saya tips2nya, bisa juga ada tips2 lain.

5. Dengan membuat Blog di internet adalah salah satu kreatifitas terarah untuk menciptakan kehebatan dalam ber' internet.

Blogging.
Sekarang setiap orang bisa membuat blog . Mengisi blog sendiri adalah salah satu kesempatan emas untuk berlatih meningkatkan ketrampilan menulis dengan rapi sesuai dengan kaidah tata bahasa. Di blog, kita juga bisa mengembangkan kemampuan menyampaikan pendapat kita dalam tulisan yang elegan dan menarik.

Belakangan ini saya sering menghabiskan waktu untuk mengamati komentar yaang ditulis para netter, baik di blog maupun di situs berita seperti detik.com . Saya ingin tahu, seberapa jauh internet telah membantu kita mengembangkan ketrampilan yang dulu tidak diberikan di sekolah. Ternyata banyak juga komentar yang bermutu, yang disusun berdasarkan pemikiran yang runut. Namun, lebih banyak lagi komentar yang mencerminkan betapa penulisnya sebenarnya ingin tampil dan urun pendapat, tetapi tidak mempunyai kemampuan menulis.

Di salah satu milis alumni yang saya ikuti, anggota yang mampu menulis sangatlah terbatas jumlahnya. Akibatnya, yang mengisi hanyalah orang-orang yang sama. Padahal, milis juga memberikan kesempatan bagi semua anggota untuk menulis.

Ada yang mengatakan baha ketrampilan menulis dengan jelas adalah salah satu ketrampilan terpenting di era informasi dan pengetahuan ini. Saya sangat setuju dengan pendapat ini.

Berkembangnya blog dan situs-situs social networking menawarkan kesempatan sangat luas bagi siapa saja untuk mengembangkan kemampuan mereka menulis. Sayang sekali kalau kesempatan ini tidak dapat digunakan untuk memperkuat keunggulan kompetitif kita dalam menggunakan bahasa, baik dalam menulis artikel, berkomunikasi dengan email, atau hal-hal lain yang nmenggunakan bahasa.

Mari kita budayakan ber' internet sehat dan bikin hebat mulai dari diri sendiri, lingkungan sendiri dan kemudian menyebar ke orang lain.

3 Comments:

Anonim mengatakan...

i dont much comment. Just want to say THIS VERY EXTRAORDINARY. Bravo!

Anonim mengatakan...

Internet adalah temanku yang setia sebagai sahabat dekat terbaik

Anonim mengatakan...

Internet adalah sahabat saya yang terbaik!