Quds Force

on 28 Oktober 2010
Adalah Quds Force, yang disinyalir negara-negara Barat (khususnya AS) sebagai kelompok yang membiayai aksi teror di berbagai belahan dunia. Gerakan kelompok ini disebut-sebut jauh sebelum al Qaidah menjadi populer sekarang ini.Tidak hanya itu, Quds Force juga dituduh berada di balik kelompok-kelompok subversif (anti AS) di berbagai kawasan, Amerika Latin maupun Timur Tengah.

Sinyalemen itu disampaikan pihak AS berdasarkan laporan mengenai keberadaan kelompok itu di Venezuela dan Iraq. Menurut laporan itu, jika ada intervensi AS di suatu kawasan, maka intensitas konflik di kawasan itu semakin tinggi. Quds Force, mendukung kelompok pemberontak/penentang, secara langsung maupun tidak langsung.

Siapakah Quds Force? Pihak AS menyebutkan kelompok ini adalah bagian dari operasi intelijen militer Iran. Dan tanpa tedeng aling-aling, pihak Iran mengamini Quds Force adalah pasukan khusus miliknya yang mampu beroperasi di belahan dunia manapun.

Quds Force adalah pasukan khusus Angkatan Darat Garda Revolusi Iran. Pasukan ini digambarkan sebagai pembawa pesan revolusi Islam Iran yang bertanggung jawab untuk operasi ekstrateritorial Garda Revolusi.

Menurut media massa Mesir, Al Ahram, Quds Force dibentuk oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Meski demikian, cikal bakal pasukan khusus ini telah ada ketika perang Irak-Iran berlangsung sebagai unit khusus pengamanan perbatasan Garda Revolusi. Misi utamanya, mengorganisir, melatih dan melengkapi pejuang Kurdi di Utara Irak.

Unit khusus tersebut juga beroperasi membantu Ahmed Syah Massoud, sekutu Iran di bagian Utara dalam melawan Uni Soviet di Afghanistan dan perang melawan Taliban. Juga membantu kelompok Muslim Bosnia melawan Serbia selama berlangsung perang Yugoslavia.

Dari beberapa dokumen yang tersebar, Quds Force memiliki misi utama mengorganisir, melatih, mempersenjatai dan membiayai Revolusi Islam di luar negeri. Pasukan khusus Iran ini menjalin hubungan dengan kelompok Islam radikal bawah tanah di seluruh dunia.
Komando yang diberikan adalah melakukan operasi intelijen luar negeri dan menjadi unit sabotase.

Meski beberapa dokumen sudah tersebar, tapi informasi Quds Force tetaplah sedikit, salah satunya terkait jumlah pasti personilnya. Diperkirakan, pada 2007 personilnya mencapai 15 ribu orang, terdiri dari 800 personil inti dan sisanya anggota biasa. Informasi lain bahkan menyebutkan personil Quds Force mencapai 50 rubu orang di seluruh dunia.

Perlu diketahui, personil Quds Force bukanlah dari militer saja, tetapi juga warga sipil. Hal ini membuat pasukan khusus Iran ini layaknya gabungan NSA, CIA, SEALS dan pasukan khusus lainnya.

0 Comments: